Sunday, December 30, 2012

Pendakian Bersama


Pesona Gn. Gede
   Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang berada di Pulau Jawa yang berada di dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.
Peserta, panitia, dan senior dalam pendakian bersama ke Gunung Gede


Pada tanggal 3-4 November 2012 KAREMATA FEM IPB melaksanakan pendakian bersama dengan Civitas FEM ke Gunung Gede yang memiliki ketinggian 2.958m dpl dan untuk kali ini tema dari pendakian bersama adalah "Merangkul Alam dalam Hangatnya Kebersamaan". Jalur yang kami lewati adalah Gunung Putri yang berada di Kabupaten Bogor. Sebenarnya untuk naik ke kawasan puncak Gede Pangrango, pemerintah hanya memberikan izin melalui jalur Cibodas (Kabupaten Cianjur), Selabintana (Kabupaten Sukabumi), dan Gunung Putri (Kabupaten Bogor).


Kami sampai di Gunung Putri malam hari dan beristirahat mengumpulkan tenaga untuk esok hari. Pagi hari setelah semuanya sudah sarapan kami berangkat menuju puncak Gede. Setelah kurang lebih 6 jam perjalanan, kami sampai ke alun-alun Surya Kencana. Alun-alun tersebut berupa sebuah lapangan datar seluas 50 hektar dan luas pada ketinggian 2.750m dpl dan disebelah timur puncak Gede merupakan padang rumput serta padang edelweiss. Menurut cerita yang ada Surya Kencana adalah nama seorang putra Pangeran Aria Wiratanudatar yang mendirikan Kota Cianjur. Di tepat tersebut kami camp-in untuk istirahat dan mengumpulkan tenaga untuk esok pagi-pagi buta. Menjelang waktu subuh kami bangun dan bersiap-siap untuk ke puncak Gede. Kurang lebih satu jam, kami semua sampai di puncak Gede dan menikmati panorama berupa pemandangan matahari terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor,  atraksi geologi yang menarik sekitar kawah. Menurut sumber yang ada  puncak Gede terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks, yaitu kawah Lanang, Ratu, dan Wadon. 

Menurut referensi, musim kunjungan terbaik untuk ke Gunung Gede adalah bulan Juni-September.


Cara pencapaian lokasi :
-Jakarta - Bogor - Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (± 100 km) menggunakan mobil
-- Bandung - Cipanas - Cibodas dengan waktu 2 jam (± 89 km)  
-- Bogor - Selabintana dengan waktu 2 jam (52 km)

No comments:

Post a Comment